Gaffar, Muhammad Ridwan (2023) Analisis Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 8 UPTD SMPN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1900.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Proses penyaluran pengajaran dan pelatihan kepada siswa guna memperoleh hasil belajar merupakan proses belajar. Namun dalam proses pemberian materi ajar saja tidak cukup untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal jika tidak dibarengi dengan manajemen pembelajaran yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan proses perencanaan sebelum pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran yang didasarkan pada standar pembelajaran serta proses dan bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan guna meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di UPTD SMPN 1 Parepare khususnya pada kelas 8. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8. UPTD SMPN 1 Parepare sudah terlaksana dengan baik, hal tersebut dilihat dari perencanaan pembelajaran yang telah dilengkapi dengan silabus dan RPP2) Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas UPTD SMPN 1 Parepare sudah terlaksana dengan baik, hal tersebut dikarenakan pada kegiatan pendahuluan guru selalu mengulang atau mengaitkan kembali materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari, kegiatan inti sudah terlaksana dengan efektif dan efisien dan dilaksanakan dengan mengacu pada silabus dan RPP, sedangkan pada kegiatan penutup, guru memberikan kesimpulan atau rangkuman dan memberikan tugas yang sifatnya memberikan pemahaman yang mendalam. 3) Evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8 UPTD SMPN 1 Parepare sudah terlaksana dengan baik, hal tersebut dikarenakan penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator manajemen pembelajaran dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa UPTD SMPN 1 Parepare dalam mengadakan proses manajemen pembelajaran mengenai perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian hasil belajar merupakan suatu bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik di UPTD SMPN 1 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Hasil Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 13 Oct 2023 00:05
Last Modified: 13 Oct 2023 00:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item View Item