Rivana, Anggi Octasari (2022) Penerapan Metode Montessori Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal UMDI Ujung Baru Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1800.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran dalam mengembangkan motorik halus anak yang cenderung membosankan dan tidak menarik membuat anak lebih memilih bermain diluar dari pada kegiatan yang memerlukan ketenangan dan motorik halus. Sehingga motorik halus anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan Metode Montessori menggunakan Practical Life Skill dapat mengembangkan motorik halus pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal UMDI Ujung Baru Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan dalam 1 siklus dibagi menjadi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus 1 dapat dijelaskan kemampuan motorik halus anak berkembang sebesar 68% dengan kriteria mulai berkembang diperoleh 10 anak dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80% dari 10 anak terdapat 5 anak memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan dan 5 anak memperoleh kriteria berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motorik halus, Metode Montessori, Practical Life Skill.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:14
Last Modified: 13 Oct 2023 08:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item