Afny, Anidar (2018) Pengaruh profesional guru PAI dalam kinerja pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di MA Pondok Pesantren Ddi Lil-Banat Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.1100.133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Guru sebagai tenaga pendidik memainkan peranan terpenting agar terlaksananya proses pembelajaran, seorang guru yang profesional harus memilik kemampuan dalam pengelolaan kelas. Namun, walaupun seorang guru memiliki kinerja professional yang baik tanpa ditopang pengelolaan kelas akan berdampak pada pencapaian tujuan yang tentunya akan berpengaruh pada prestasi belajar. Atas dasar itu guru harus mampu menerapkan berbagai strategi dalam mengelola kelas agar terciptanya pembelajaran terarah sesuai dengan tujuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kinerja professional guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah assosiatif kuantitatif dengan desain survey research dan jumlah sampel sebanyak 45 responden dari 83 populasi kelas X dan XI. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kinerja profesional guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas dalam kategori sangat tinggi atau 99%, dilihat dari hasil perhitungan skor total variabel yaitu 2279, skor teoritik tertinggi variabel ini tiap responden adalah 16 x 4 = 64, karena jumlah responden 45 orang, maka skor kriterium adalah 2880. Sehingga, prestasi belajar adalah 2279 : 2880 = 0.99 atau 99 %. (2) Presatasi belajar diperoleh 82% dari kategori tinggi, dilihat dari proses perhitungan skor total variabel yaitu 3725, , skor teoritik tertinggi variabel ini tiap responden adalah 100, karena jumlah responden 45 orang, maka skor kriterium adalah 4500. Sehingga, prestasi belajar adalah 3725 : 4500 = 0.82 atau 82 % . (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja professional guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat hasil perhitungan output SPSS Coefficiens ( diperoleh Sig = 0.000 < 0.025. Dan hasil R Square atau r2 diperoleh 0.856 dapat disimpulkan bahwa Kinerja professional guru Akiah Akhlak dalam pengelolaan kelas memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap prestasi belajar peserta didik di MA Pondok Pesantren DDI Lil-banat Parepare sebesar 85.6% dan 14.4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 31 Jan 2019 22:21
Last Modified: 31 Jan 2019 22:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item