Rahmat, Rizal (2022) Penerapan Metode Al-Kalam dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an di TPA Al-Ihsan Mubarak Cempaka Putih. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
18.3100.009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat tentang penerapan metode al-kalam dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an di TPA Al-Ihsan Mubarak Cempaka Putih dengan sub masalah bagaimana pola komunikasi guru TPA dalam menerapkan metode al-kalam dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an di TPA Al-Ihsan Mubarak Cempaka Putih kemudian kelebihan metode al-kalam dalam meningkatkan bacaan al-Quran di TPA Al-Ihsan Mubarak Cempaka Putih. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang menghasilakn data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang lain dan perilaku yang dapat diamati. Tekhnik yang digunakan berupa tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode al-kalam dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an menggunakan pola komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok dam kedua pola komunikasi ini mempunyai jenis komunikasi yang sama yakni komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Adapun kelebihan dari metode al-kalam ini yakni mudah dipahami oleh anak-anak dan sangat menyenangkan bagi anak-anak dan dengan penerapan metode ini maka akan mudah meningkatkan bacaan al-Qur’an santri di TPA Al-Ihsan Mubarak Cempaka Putih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode Al-Kalam, Pola Komunikasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 07:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 07:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5078 |
Actions (login required)
View Item |