Nur, Haerani (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Barru. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1100.085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai tingkat penggunaan aplikasi Tiktok terhadap perilaku Belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Barru dan sekaligus menganalisis apakah penggunaan aplikasi Tiktok berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis peneltian korelasi. Populasi pada penelitian ini sebesar 108 peserta didik dengan sampel 52 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik slovin. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil uji One Sample T-test penggunaan aplikasi Tiktok (X) diperoleh nilai 68,4% berada pada kategori tinggi. (2) hasil uji One Sampel T-test perilaku belajar (Y) diperoleh nilai sebesar 70.3% berada pada kategori baik. (3) hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0.410 menandakan terdapat hubungan yang cukup kuat Diketahui r hitung 0,410 > r tabel 0.273 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 maka terdapat hubungan yang signifikan (4) hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.395 maka setiap penambahan 1% pemberian diskon maka perilaku belajar meningkat sebesar 0.395. hasil uji F diperoleh sebesar f hitung 10.087 > f table 4.03. Kesimpulannya bahwa penggunaan aplikasi Tiktok berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Barru. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh R square 0,168 dengan tingkat hubungan sangat rendah. Memiliki arti bahwa besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Tiktok adalah 16,8%, sedangkan 83,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Tiktok, Perilaku Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:36
Last Modified: 11 Oct 2023 06:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item