Asis, Nurul Hikma (2023) Analisis Siyasah Idariyah Terhadap Pelayanan Administrasi Di Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2600.064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelayanan Administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang dan mengetahui kendala-kendala apakah yang terjadi dalam pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan pegawai pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang, sebagian data juga diperoleh dari literature riview, bersumber dari instansi terkait, berupa dokumentasi-dokumentasi sebagai informasi pelengkap. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis sesuai dengan permasalahan yang ada. Hasil penelitian yang dilakukan mengenai Analisis Siyasah Idariyah Terhadap Pelayanan Administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang, maka dapat diketahui pelayanan administrasi yang diterapkan sesuai dengan Peraaturan Daerah Kabupaten Pinrang Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Adminitrasi Kependudukan merupakan peraturan dimana pasal 5 (b) yaitu memberikan pelayanan yang sama dan profesional kepada setiap penduduk, pendatang dan tamu atas pelaporan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Dimana instansi yang bertanggung jawab atas pelayanan administrasi adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Pinrang yaitu dengan memberikan pelayanan, pendataan dan pemberi arahan. Tujuan utama dalam pelaksanaan Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang merupakan kewajiban menyelenggarakan pelayanan dengan menciptakan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, karena telah menjadi sebuah kewajiban maka pemerintah mencari solusi terbaik terhadap masalah-maslah yang sering di hadapi, termasuk kendala internal yaitu kendala yang bersumber dari dalam instansi itu sendiri maupun kendala external yakni kendala yang datangnya dari masyarakat pemakai jasa dalam kaitannya dengan pelayanan umum yang ditanganinya, selain itu juga pegawai harus senantiasa memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat secara keseluruhan. Adapun beberapa hambatan dalam pelayanan adminitrasi yaitu belum maksimal dari kualitas pelayanan yang masih perlu ditingkatkan lagi, kurangnya kedisiplinan waktu dalam mengerjakan dokumen pengurusan, serta pelunya ditingkatkan keramahan bagi pegawai selaku pemberi layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Administrasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Tata Negara
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:46
Last Modified: 12 Oct 2023 06:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item