Syukramadani, Hestri (2023) Pengaruh Modal Usaha dan Media Sosial Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2900.044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana Pengaruh Modal Usaha dan Media Sosial Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan jenis sampel Accidental Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Validitas, uji reliabilitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji normalitas. Untuk teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan One Sample T Test untuk ketiga variabel, uji korelasi pearson product moment, uji t atau parsial, uji f atau simultan, Analisis Regresi Linier Berganda serta uji koefisien Determinasi (R²). Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa diketahui modal usaha, media sosial dan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah memiliki skor klasifikasi sebesar 79%, 79%, dan 75% yang berarti kondisi tersebut dalam klasifikasi yang baik. Kemudian untuk modal usaha (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dan memiliki pengaruh terhadap tingkat pendapatan pelaku usaha. Secara simultan modal usaha dan media sosial diketahui memiliki hubungan yang positif dan signifikan serta memiliki pengaruh terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Begitupun untuk modal usaha yang memiliki hubungan yang positif dan signifikan serta memiliki pengaruh terhadap tingkat pendapatan UMKM, sehingga menjadikan modal usaha (X1) variabel yang dominan berpengaruh terhadap variabel yang dominan berpengaruh terhadap variabel Y pendapatan UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modal Usaha, Media Sosial, dan Pendapatan UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 10 Oct 2023 00:49
Last Modified: 10 Oct 2023 00:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item