Wahyunita, Wahyunita (2023) Coffee Shop and Leisure Time: Mengeksplorasi Trend Gaya Hidup Kaum Milenial di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2400.138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Milennial merupakan generasi yang sangat penting untuk kemajuan bangsa dan negara sebagai generasi penerus, maka dari itu generasi millennial diharapkan dapat menjadi generasi yang kreatif , produktif, inovatif, dan juga cerdas, tetapi realitanya justru terjebak dalam kebiasaan yang membuatnya tidak produktif. Maka dari itu tujuan peneliti adalah untuk mengetahui intensitas pengunjung dalam mengunjungi coffee shop yang ada di kota Parepare, untuk mengetahui faktor yang membentuk kepribadian kaum milenial di kota Parepare karena penggunaan leisure time di coffee shop, serta untuk mengetahui tinjauan etika ekonomi Islam tentang intensitas kunjungan kaum milenial di coffee shop dan penggunaan leisure tieme. Sangat penting untuk mengkaji tentang dampak coffee shop terhadap gaya hidup kaum millennial di kota Parepare ditinjau dalam perspektif Ekonomi Islam karena mengingat gaya hidup mempengaruhi pola pikir dan selera, serta gaya hidup konsumtif melahirkan generasi kurang produktif dan tidak mencerminkan perilaku islami. Tujuan dari Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berasal dari hasil wawancara, catatan lapangan serta bahan-bahan lain. Kemudian disusun secara sistematis sehingga mudah dipahami dan menjabarkan dalam bentuk kutipan Hasil dari penelitian menunjukkan bahawa: 1) Intesitas milenial di Kota Parepare mengunjungi coffee shop itu tinggi karena dalam satu minggu mereka bisa mengunjungi coffee shop beberapa kali bersama teman atau sendiri. 2) faktor yang membentuk kepribadiaan kaum millennial di kota parepare karena penggunaan leisure time di coffee shop adalah aktivitas, minat, serta opini mereka. 3) tinjauan etika ekonomi Islam tentang intensitas kaum milenial di Kota Parepare dalam mengunjungi coffee shop yang tinggi termasuk perilaku yang berlebih-lebihan atau boros karena dengan mengunjungi coffee shop beberapa kali dalam seminggu membuat kita memiliki sifat israf dan tabzir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Coffee Shop, Leisure Time, Milenial, Ekonomi Islam, Konsumsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 10 Oct 2023 00:49
Last Modified: 10 Oct 2023 00:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item