Megawati, Megawati (2023) Strategi Pelayanan UD. Karmila dalam meningkatkan omset barang (Perspektif Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2400.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan pemasaran dalam dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga pertumbuhan yang pesat membuat persaingan di dunia bisnis semakin ketat dari sebelumnya. Hal ini akhirnya memaksa para pebisnis mulai bersaing dengan menerapkan stateginya masing-masing. Salah satu yang terpenting dalam meningkatkan omset barang yaitu strategi dalam melakukan pelayanan. Pelayanan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, dengan melalui pelayanan ini kemauan dan kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi. UD. Karmila merupakan sebuah usaha yang terletak di kabupaten Pinrang. UD. Karmila beroperasi dalam penjualan di bidang bangunan. Tujuan dalam penelitian adalah untuk melihat bagaimana strategi pelayanan yang dilakukan di UD. Karmila dan apakah pelayanannya sesuai dengan ekonomi syariah. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Paero Desa Padaelo Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara mengadakan wawancara dan dokumentasi, dengan objek penelitian Toko UD. Karmila Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian ini menunjukkan, metode penelitian ini adalah metode kualitatif, Strategi pelayanan yang dilakukan di UD. Karmila menggunakan lima dimensi sebagai tolak ukur dalam pelayanan Islam, ialah meningkatkan kualitas pelayanan (tangibles), meningkatkan keahlian pelayanan (reliability), meningkatkan ketanggapan pelayanan (responsibility), meningkatkan jaminan keamanan barang pesanan (assurances), dan meningkatkan kepedulian dalam pelayanan (emphaty). UD. Karmila sudah dapat dikatakan memenuhi standar ekonomi syariah karena menggunakan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam melakukan bisnis. Adapun prinsip-prinsip ekonomi Islam yang mendasari dalam mengimplementasikan ke-lima dimensi ini, yaitu shiddiq (jujur atau benar), amanah (dapat dipercaya), fathanah (cerdas), dan tabligh (komunikatif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Pelanggan (Konsumen), Toko UD. Karmila, Bisnis pribadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:09
Last Modified: 09 Oct 2023 07:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item