Aditya, Putri (2023) Strategi Penetapan Harga Usaha Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.2900.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi usaha kuliner di Kota Parepare pada masa pandemi Covid-19, strategi yang digunakan dalam penetapan harga usaha kuliner di kota parepare, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga kuliner di Kota Parepare pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah peneitian lapangan (field research)Adapun pendekatan yang dipakai adalah pendekatan fenomenologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Usaha kuliner pada masa pandemi covid-19 melanda kota parepare dan seluruh warga kesulitan dalam menghadapi pandemi ini termasuk dengan para pedagang usaha kulierdimana usahanya bahwa penjualan menurun pada masa Desember 2019-Februari2021 ini terutama penjualannya, kemudian usaha mulai berdaptasi pada masa adaptasi yang dimulai pada Maret 2021- Desember 2021, dan masa pemulihan pada masa Januari 2022- Agustus 2022. (2)Strategi penetapan harga yang dilakukan oleh para pedagang kuliner di kota parepare adalah dengan menggunakan stategi yang berorientasi pada permintaan dan strategi Mark Up Pricing yaitu dengan cara menjumlah seluruh biaya yang diperlukan dalam proses produksi, kemudian menentukan persentase markup untuk menutup biaya dan memperoleh keuntungan yang diharapkan. (3)Faktor faktor yang mempengaruhi strategi penetapan harga kuliner di Kota Parepare terdiri atas Mempertahankan kelangsungan hidup (survival), Mengejar keuntungan (profitoriented), Pertumbuhan penjualan yang maksimum, Merebut pangsa pasar (marketshare), Mendapatkan kembali Investasi, Kepemimpinan kualitas produk (productqualityleadersip),dan tujuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kuliner, Penetapan, Strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:27
Last Modified: 09 Oct 2023 06:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item View Item