Ismayanti, Ismayanti (2023) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Mudharabah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Strategi pemasaran dalam dunia perbankan adalah suatu strategi yang digunakan untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki oleh bank. Banyaknya persaingan dan beragam produk pada setiap bank, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Bank Syariah Indonesia KC Parepare memiliki strategi dalam memasarkan produk tabungan easy mudharabah guna menarik minat masyarakat untuk menggunakan tabungan easy mudharabah sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam memasarkan produk tabungan easy mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang datanya diperoleh dari observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Bentuk tabungan easy mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC Parepare ada dua, yaitu mudharabah mutlaqah dan mudharabah muqayyadah. (2) Strategi pemasaran yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KC Parepare menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix dengan komponen 4 P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi). (3) Implementasi strategi pemasaran yang diterapkan di Bank Syariah Indonesia KC Parepare adalah promosi. Melalui promosi Bank Syariah Indonesia KC Parepare memasarkan produk tabungan easy mudharabah dengan menerapkan adanya pesta hadiah, promosi kepada nasabah penabung, kegiatan seminar atau event, dan melakukan kunjungan langsung, baik kepada nasabah perorangan maupun instansi-instansi rekanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, tabungan, easy mudharabah, Bank Syariah Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:22
Last Modified: 09 Oct 2023 06:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item View Item