Rizal, Bahriah (2023) Pengaruh Penggunaan Layanan E-channel (Muamalat DIN) Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi berkembang pesat. Begitu juga yang terjadi di dalam sistem perbankan. Penerapan teknologi dalam bank bertujuan selain untuk memudahkan operasional perusahaan, juga bertujuan untuk semakin memudahkan pelayanan terhadap nasabah. Salah satu layanan jasa bank yang menggunakan sistem teknologi adalah layanan E-channel perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan layanan E-channel (Muamalat DIN) terhadap kepuasan nasabah. Hal ini tentunya harus diperhatikan dan dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman di era globalisasi untuk meningkatkan kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian memakan waktu 30 hari dan dilakukan di Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare. Observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. 100 orang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan uji one sample T test, korelasi pearson product moment, dan regresi linier sederhana sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian dengan teknik One Sampel T-test seberapa baik penggunaan layanan E-channel (Muamalat DIN) (X) diperoleh nilai 83,2% berada pada kategori baik. Kedua seberapa baik kepuasan nasabah (Y) diperoleh nilai sebesar 81,64%. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,888 menandakan bahwa terdapat hubungan sangat kuat antara penggunaan layanan E-channel (Muamalat DIN) dengan kepuasan nasabah di Bank Muamalat Kcp Parepare. Diketahui r tabel 0,195 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka penggunaan layanan E-channel (Muamalat DIN) dengan kepuasan nasabah di Bank Muamalat Kcp Parepare terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.538 maka setiap penambahan satu satuan menggunakan penggunaan layanan E-channel (Muamalat DIN) (X), maka kepuasan nasabah (Y) akan meningkat sebesar 0,538. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,788 dengan tingkat hubungan moderat, memiliki arti bahwa 78,8% kepuasan nasabah (Y) dipengaruhi penggunaan layanan E-channel (Muamalat DIN) (X) dan 21,2% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Layanan E-Channel, Kepuasan Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:09
Last Modified: 09 Oct 2023 06:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item View Item