S, Nur Hijrah (2023) Pengaruh Kualitas Produk Kartu Brizzi Dalam Ekonomi Islam Terhadap Kepuasan Bertransaksi Pada Masyarakat Kelurahan Bilokka Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Di dunia perbankan mengalami perkembangan teknologi salah satunya yaitu transaksi pembayarannya dilakukan menggunakan uang elektronik (Kartu Brizzi) yang dapat mempermudah dalam bertransaksi. Namun dibalik kemudahan tersebut terdapat kekurangan yaitu kartu Brizzi tidak bisa diblokir jika kartu hilang dan saldo yang tersedia tidak dapat dikembalikan atau dilacak. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik kualitas produk kartu Brizzi dalam bertransaksi. Untuk mengetahui seberapa tinggi kepuasan pengguna kartu Brizzi dalam bertransaksi. Untuk mengetahui hubungan kualitas produk kartu Brizzi terhadap kepuasan masyarakat Kelurahan Bilokka Sidrap. Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk kartu Brizzi dalam bertransaksi terhadap kepuasan masyarakat Kelurahan Bilokka Sidrap. Dan untuk mengetahui apakah kartu Brizzi sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya kuantitatif korelasi. Penelitian memakan waktu 30 hari dan dilakukan di Kelurahan Bilokka Sidrap Observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. 96 orang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan uji one sample T test, korelasi pearson product moment, dan regresi linier sederhana sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian dengan teknik One Sampel T-test seberapa baik kualitas produk (X) diperoleh nilai 78,54% berada pada kategori baik. Hasil penelitian dengan teknik One Sampel T-test seberapa tinggi tingkat kepuasan (Y) diperoleh nilai 78,88% berada pada kategori baik. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,640 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara kualitasproduk dengan kepuasan pengguna kartu Brizzi di Kelurahan Bilokka Sidrap. Diketahui r tabel 0,2006 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifik dengan kepuasan pengguna kartu Brizzi di Kelurahan Bilokka Sidrap terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.395. maka setiap penambahan 1% menggunakan kualitasi produk (X), maka kepuasan pengguna (Y) akan meningkat sebesar 0,395. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,410 dengan tingkat hubungan moderat, memiliki arti bahwa 41,0% kepuasan pengguna (Y) dipengaruhi kualitas produk (X) dan 59,0% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kepuasan, Kartu Brizzi, Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:08
Last Modified: 09 Oct 2023 06:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item