Dewi, Sri Ananda (2023) Persepsi Nasabah terhadap Eksistensi Bank Muamalat di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Bank Muamalah adalah bank pertama di Indonesia yang berbasis Islam atau sesuai Syariat Islam. Persepsi adalah proses di mana seseorang mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan sensorik untuk memberi arti pada lingkungannya. Eksistensi adalah keberadaan atau keadaan sesuatu hal. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Persepsi nasabah terhadap eksistensi atau keberadaan Bank Muamalat di Kota Parepare. Di Kota Parepare hanya terdapat 1 Bank Muamalat yang beroperasi. Adanya Bank-bank lain memicu persaingan jumlah nasabah antara Bank Muamalat dan bank lainnya. Bank Muamalat tergolong bank yang sudah lama beroperasi di Indonesia. Persepsi nasabah terhadap eksistensi Bank Muamalat bisa dilihat dari loyalitas nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan apa saja yang disediakan Bank Muamalat yang mampu menarik minat nasabah. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi nasabah dan untuk mengetahui bagaimana persepsi nasabah terhadap eksistensi Bank Muamalat di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan metode penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam di lapangan atau disebut metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil wawancara nasabah Bank Muamalat sedangkan sumber data sekunder yang peneliti gunakan berupa dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Layanan yang disediakan Bank Muamalat mampu menarik minat nasabah untuk loyal menggunakan jasa dan produknya. (2) Faktor-Faktor yang mempengaruhi persepsi nasabah yaitu sosialisasi, faktor pelayanan dan faktor keyakinan. (3) Nasabah atau masyarakat merespon positif terhadap keberadaan atau eksistensi Bank Muamalat di Kota Parepare

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Persepsi, Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:07
Last Modified: 09 Oct 2023 06:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item