Baharuddin, Baharuddin (2020) Metode Pembelajaran Berdasarkan Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
16.0211.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang metode pembelajaran yang terdapat dalam al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125. Al-Qur’an bukan saja mengandung tentang tujuan, strategi dan taktik dalam pembelajaran akan tetapi juga mengandung tentang bagaimana metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penguasaan dan penerapan metode merupakan hal harus dimiliki oleh seorang pendidik yang professional, sehingga penyampaian materi dapat di terima dengan baik oleh peserta didik. Surah An-Nahl menurut para ahli tafsir bahwa ayat ini mengandung metode berdakwah dengan baik dan benar, namun ada hal yang menarik yang perlu untuk di ketahui secara mendalam lagi pada surah An-Nahl ini yaitu metode Pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tafsir dari surah An-Nahl ayat 125, mengetahui metode apa yang terkandung dalam surah An-Nahl ayat 125 dan pendidik mampu menerapkan metode pembelajaran yang terdapat dalam surah An-Nahl ayat 125 Jenis penelitian ini adalah deskriktif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian melalui studi kepustakaan atau biasa disebut dengan library research. Analisi dapat dilakukan terhadap buku-buku teks, baik yang bersifat teoritis maupun empiris. Dalam hal ini, sumber data penelitian berasal dari literature-literatur yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dalam surah An-Nahl ayat 125 adalah kemampuan seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, lemah lembut dan menggunakan kata-kata yang bijak sesuai dengan kemampuan peserta didik. Penulis menemukan bahwa dalam ayat ini terdapat 3 metode yang dapat digunakan oleh pendidikan yaitu metode hikma (perkataan yang bijak), metode Mau’izhah hasanah (nasehat yang baik) dan metode jidal (berdiskusi). Ketiga metode ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik forman maupun non formal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Pendidik, Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:02
Last Modified: 09 Oct 2023 04:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4902

Actions (login required)

View Item View Item