Luthfiyyah, Ananda (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabiliatas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
19.62202.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Islamic Social Reporting adalah standar pelaporan kinerja social perusahaan yang berbasis syariah. Secara khusus pengungkapan Islamic Social Reporting merupakan perluasan dari standar pelaporan kinerja sosial yang meliputi harapan masyarakat tidak hanya mengenai peran perusahaan dalam perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu ukuran perusahaan profitabilitas dan leverage terhadap variabel dependen yakni pengungkapan Islamic Social Reporting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan asosiatif dengan jenis penelitian field research). Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua cara yaitu content analysis dan skoring. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skala ukuran perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di JII termasuk dalam ketegori perusahaan dengan usaha besar, Profitabilitas perusahaan yang terdaftar di JII termasuk dalam kategori sehat, Leverage perusahaan yang terdaftar di JII termasuk dalam kategori kurang sehat, Pengungkapan ISR perusahaan yang terdaftar di JII termasuk dalam pengungkapan yang baik. Kemudian hasil uji korelasi spearman menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan pengungkapan ISR memiliki hubungan yang lemah dengan nilai signifikan 0,150118, profitabilitas dan pengungkapan ISR tidak memiliki hubungan dengan nilai signifikan -0.318559, leverage dan pengungkapan ISR juga tidak memiliki hubungan dengan nilai signifikan -0.175347. Selanjutnya hasil uji parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan ISR dengan nilai probabilitas masing-masing sebesar 0,0456 dan 0,0026, berbeda dengan profitabilitas memiliki pengaruh tidak signifikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,7492. Secara simultan ketiga variabel independen memiliki pengaruh terhadap pengungkapan ISR. Dan variabel paling dominan berpengaruh yaitu variabel ukuran karena memiliki nilai probabilitas lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Islamic Social Reporting, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:02
Last Modified: 09 Oct 2023 04:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item