Amelia, Resky (2023) Pengaruh Loyalitas dan Kepercayaan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Mudharabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Bank merupakan lembaga yang menjadi tempat masyarakat dalam menghimpun dan menyalurkannya dengan berbagai bentuk sesuai dengan produk yang bank itu keluarkan. Salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia KCP Pinrang. Bank BSI KCP Pinrang tentu memiliki berbagai produk dan yang menjadi primadona adalah produk Mudharabah. Hal ini dibuktikan oleh jumlah nasabah yang menggunakan produk mudaharabah menghampiri angka ribuan. Dengan jumlah demikian tentu loyalitas dan kepercayaan nasabah menjadi pengaruh tersendiri terhadap keputusan mereka untuk tetap menggunakan produk tersebut. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh loyalitas dan kepercayaan menjelaskan keputusan nasabah dalam mengggunakan produk mudharabah pada BSI KCP Pinrang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi lapangan dengan populasinya merupakan nasabah mudharabah BSI KCP Pinrang. Sedangkan, jumlah sampel sebanyak 88 responden dengan metode penentuan sampel dengan menggunakan metode Slovinatau acak. Hasil pada penelitian dengan Uji regresi berganda. Hal ini ditunjukan pada uji t (secara parsial) bahwa 1) X1 (Loyalitas) berpengaruh terhadap Variabel Y (Keputusan Nasabah) sebesar 2,654 dan 2)Variabel X2 (Kepercayaan) berpengaruh terhadap Variabel Y (Keputusan Nasabah) sebesar 2,219 dengan nilai yang melebihi r tabel (1,98827). 3) Adapun pengujian secara simultan atau bersama-sama, dilakukan dengan uji f. Dimana, X1 dan X2 berpengaruh terhadap Variabel Y.Ditunjukkan dengan lebih tingginnya f hitung (13,072) > f tabel (3,10) dan tingkat signifikan 0.0000 < 0,05. Tingkat pengaruh loyalitas dan kepercayaan dalam mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk mudharabah dilihat pada koefisien determinasi dengan tingkat 49%. Sedangkan, 51% lebih dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar dari variabel yang diangkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas, Kepercayaan, Keputusan nasabah, Produk Mudharabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:18
Last Modified: 09 Oct 2023 03:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4866

Actions (login required)

View Item View Item