Mariani, Mariani (2023) Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2300.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui apakah etika bisnis Islam berpengaruh tehadap kepuasan konsumen di AW Factory bersadarkan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif asosiatif dimana objek penelitiannya yaitu pelanggan aktif di AW Factory dengan jumlah sampel yaitu 75 responden dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. AW Factory telah menerapkan etika bisnis Islam berdasarkan jumlah skor dari jawaban responden terhadap 28 peryataan adalah 10.500 dari perhitungan dalam tabel menunjukkan nilai yang diperoleh adalah 9.376 atau 83,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di aw factory sangat baik. Sedangkan pada tingkat kepuasan konsumen Secara ideal skor yang diharapkan dari jawaban responden terhadap 10 pertanyaan adalah 3750. Dari hasil perhitungan dalam tabel menunjukkan nilai yang diperoleh atau 82,7% dari skor ideal 3399. Jika dilihat dari tabel skor klasifikasi kepuasan konsumen dengan skor 82,7% berada pada tingkat kategori sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen di aw factory sangat baik. Berdasarkan uji F pada tabel diatas dapat dilihat bahwa nilai Fhitung adalah 312.988. Dengan probabilitas 0,5%, df = 75, diperoleh dari n-k (75-5) maka dapat ditentukan nilai Fhitung sebesar 3,13. Karena nilai Fhitung (312.988) > Ftabel (3,13) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya hasil uji simulta dengan angka 312,988 lebih besar dari nilai f tabel 3,13 jadi dapat disimpulkan bahwa etika bisnis berdasarkan prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran secara simultan berpengaruh dengan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: etika bisnis islam, kepuasan konsumenn, pelayanan, kualitas,
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:16
Last Modified: 09 Oct 2023 03:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item View Item