Nurafni, Nurafni (2023) Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Pekkabata Tentang Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
16.2300.135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Keberadaan bank konvensional sudah lebih dulu dan telah menjangkau daerah di luar perkotaan dibandingkan dengan bank syariah yang masih jarang dan belum ada di luar perkotaan. Pemahaman masyarakat yang rendah terhadap produk yang disediakan oleh bank syariah salah satunya diakibatkan kurangnya sosialisasi. Mayoritas masyarakat yang menggunakan bank syariah kebanyakan masih dipengaruhi oleh emosi kegamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pengetahuan masyarakat Pekkabata tentang produk bank syariah, seberapa baik minat masyarakat Pekkabata untuk menjadi nasabah bank syariah, untuk mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan masyarakat Pekkabata tentang produk bank syariah dengan minat menjadi nasabah, untuk mengetahui pengaruh pengetahuan masyarakat Pekkabata tentang produk bank syariah terhadap minat menjadi nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket atau kuesioner kepada responden. Populasi pada penelitian ini sebanyak 5.820 orang dan yang menjadi sampel ada 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Masyarakat Pekkabata yang mengetahui produk bank syariah dengan baik sebesar ≤75% dengan nilai Sig. (0,000) < 0,05. (2) Masyarakat Pekkabata yang memiliki minat yang baik untuk menjadi nasabah sebesar ≤75% dengan nilai Sig. (0,000) < 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan masyarakat Pekkabata tentang produk bank syariah terhadap minat menjadi nasabah dengan nilai rhitung(0,652) > rtabel(0,1671). (4) Pengetahuan Masyarakat Pekkabata tentang produk bank syariah berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah dengan nilai thitung(8,417) > ttabel(1,660). Dan persamaan regresi Y = 16,791 + 0,658X + e yang bertanda positif yang berarti arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Adapun koefisien determinasi sebesar 42,5% yang berarti pengetahuan masyarakat tentang produk bank syariah sebesar 42,5% mempengaruhi minat menjadi nasabah dan selebihnya 57,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan masyarakat, Produk Bank Syariah, Minat menjadi nasabah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:42
Last Modified: 09 Oct 2023 02:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item