Maarif, Nurul Rijal (2023) Pengaruh Kualitas produk dan layanan terhadap loyalitas pelanggan Indihome di kota Parepare (Perspektif Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2400.088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Indihome merupakan penguasa pasar internet fiber di Indonesia mereka memiliki 9 juta pelanggan, namun banyak pelanggan Indihome di social media mengeluhkan kualitas jaringan internet yang jelek, saat cuaca buruk, juga teknisi yang sudah lama dihubungi tapi belum juga datang memperbaiki kerusakan yang dilaporkan.Tujuan penelititan ini untuk mengetahui penilaian pelanggan Indihome terhadap kualitas produk, layanan, dan loyalitas merek mereka, mengetahui adakah hubungan positif antara kualitas produk dan layanan secara parsial terhadap loyalitas, mengetahui adakah hubungan antara kualitas produk dengan layanan, untuk mengetahui adakah pengaruh secara bersamaan antara Kualitas produk dan layanan terhadap loyalitas, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap Loyalitas. Penelitian ini menggunankan metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisis datanya menggunakan Uji one sample T-test, Uji t parsial, Uji F, Uji regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Temuan penelitian ini, kategori penilaian pelanggan pada penelitian ini adalah “baik”, kualitas produk 77.9%, layanan 79.2% dan loyalitas 72.4. Kualitas produk secara parsial mempengaruhi loyalitas dan layanan dengan sig. 0.000, dan layanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas dengan sig. 0.085. Secara simultan kualitas produk dan layanan mempengaruhi loyalitas dengan sig. 0.000. Pada hasil uji regresi linier berganda angka koefisien regresi pada kualitas produk 0.712 dan pada layanan 0.172 berarti kedua variabel mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas berarti jika terjadi kenaikan 1% pada masing-masing variabel maka loyalitas pelanggan akan dipengaruhi sebesar 0.712 oleh kualitas produk dan 0.172 oleh layanan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa R square 0.553 dengan tingkat hubungan agak rendah, memiliki arti bahwa 55.3% Loyalitas pelanggan dipengaruhi kualitas produk dan layanan. 44.7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, Layanan dan Loyalitas pelanggan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:42
Last Modified: 09 Oct 2023 02:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item