Indrayanti, Sri Reski (2023) Perilaku Pedagang Online Syauqie Kitchen di Parepare (Analisis Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.2400.052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah segala akivitas yang dilakukan dalam bisnis yang sesuai dengan syariat Islam. Etika yang baik itu mencangkup: Kejujuran, Ketepatan, Loyalitas, Disiplin. Dilihat pada kenyataan yang ada dilapangan Syauqie Kitchen menjual beberapa jenis kue yang dalam proses promosinya Syauqie Kitchen lebih menggunakan media sosial, proses pemasarannya menggunakan kurir atau jasa pengiriman. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah: Untuk mengetahui perilaku pedagang online Syauqie Kitchen dalam mempromosikan dagangannya, dalam proses memasarkan dagangannya dan dalam menanggapi komplain pembeli. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini di peroleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perilaku pedagang online Syauqie Kitchen dalam proses mempromosikan dagangannya sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena dalam proses promosinya Syauqie Kitchen bersikap terbuka dan itu merupakan prinsip pada etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan(Unity)2). Perilaku pedagang online Syauqie Kitchen dalam proses memasarkan dagangannya sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena dalam proses memasarkannya Syauqie Kitchen memberikan kebebasan kepada konsumennya untuk memilih apakah ingin langsung datang ke toko ataukah menggunakan jasa kurir untuk mengantar kuenya, sikap itu merupakan salah satu prinsip pada etika bisnis Islam yaitu kehendak bebas (Free Will).3). Perilaku pedagang online Syauqie Kitchen dalam menanggapi komplain sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena dalam menanggapi komplain Syauqie Kitchen selalu berusaha untuk bertanggung jawab atas apa yang telah pihak mereka lakukan, itu merupakan prinsip pada etika bisnis Islam yaitu prinsip tanggung jawab (Responsibility).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Pedagang Online
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:10
Last Modified: 26 Jul 2023 01:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item