R, Mega Hasanah. (2023) Efektivitas Perda No.5 Tahun 2011 Tentang Pelayan Publik di Kabupaten Barru (Studi Kasus pada Mal Pelayan Publik Masiga di kabupaten Barru). Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
19. 2600.016 MEGA HASANAH.R.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga Kabupaten Barru telah menerapkan Undang-Undang dasar No.25 Tahun 2009 sesuai dengan instruksi Bupati yang diselaraskan dengan Perda No.5 Tahun 2011 tentang penerapan pelayanan publik di MPP Masiga Kabupaten Barru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kinerja pelayanan administrasi bagi masyarakat dalam perspektif siyasah idariyah dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam kepercayaan masyarakat terhadap MPP Masiga Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan yuridis empiris dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yakni Pegawai Dinas Penanaman Modal Masiga Kabupaten Barru dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal dan laporan tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Perda No.5 tahun 2011 di MPP Masiga Kabupaten Barru telah efektif serta menetapkan standar operasional pelayanan dengan berbagai pihak seperti kerja sama dengan pihak BPJS dan Kepolisian Resor Barru dengan adanya nota kesepakatan. (2) Dalam persfektif siyasah idariyah, pelayanan adminstrasi di MPP Masiga Kabupaten Barru sudah efektif dengan ketepatan waktu, terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat, tersediaanya sarana dan prasarana penunjang kenyamanan masyarakat. (3) Faktor penghambat MPP Masiga Kabupaten Barru terhadap proses pelayanannya yakni kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan kualitas SDM yang tidak memadai terhadap layanan pemerintah yang kadang berbelit-belit, proses lama dan adanya pungli dan faktor pendukungnya yakni kehadiran MPP dapat menyatukan seluruh layanan administrasi pemerintah dalam satu gedung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Perda,Pelayanan Publik,Mal Pelayanan Publik. |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Tata Negara |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4830 |
Actions (login required)
View Item |