Mulham, Muhammad Nur Akram (2022) Konsep Etika dalam Konsumsi Menurut Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.2400.056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep etika dalam konsumsi menurut Imam al-Ghazali, dengan pokok masalahnya adalah Pertama, bagaimana latar belakang geneologis pemikiran Imam al-Ghazali tentang etika dalam konsumsi.? Kedua, bagaimana eksistensi pemikiran Imam al-Ghazali ditengah konsep etika menurut Islam.? Ketiga, bagaimana implikasi pemikiran etika konsumsi Imam al-Ghazali pada masyarakat di Indonesia.? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Library Research (penelitian pustaka), dengan fokus penelitian pada pemikiran Imam al-Ghazali yang menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapaun tehnik pengumpulan data berupa buku-buku, jurnal, serta artikel yang terkait, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis intrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Latar belakang geneologis pemikiran Imam al-Ghazali terhadap ekonomi dipengaruhi oleh studi fiqihnya dengan corak tasawuf, beliau adalah seorang sufi yang telah berguru dengan sejumlah gurunya serta memiliki begitu banyak murid, dengan sosok penulisannya yang produktif., diperkirakan karyanya telah menghasilkan kurang lebih 300 karya tulis dengan berbagai macam ilmu seperti logika, filsafat, moral, tafsir, fiqih, ilmu-ilmu Al-Qur’an, tasawuf, politik, administrasi, dan perilaku ekonomi. 2. Suatu kepuasan dalam konsumsi seorang muslim ditentukan oleh nilai-nilai yang terkandung (eksistensi) dalam agama yang diterapkan dalam suatu rutinitas kegiatan konsumsinya. Ada beberapa nilai-nilai Islam menurut Imam al-Ghazali yang harus diterapkan dalam konsumsi yaitu; seimbang dalam konsumsi, membelanjakan harta pada bentuk yang dihalalkan dan dengan cara yang baik, serta larangan bersikap Israf (royal) dan Tabzir (sia-sia). 3. Implikasi Pemikiran etika konsumsi Imam Al-Ghazali terhadap masyarakat Sulawesi Selatan, dapat mencontoh Imam Al-Ghazali untuk dijadikan sebagai referensi baginya dalam perilaku terhadap etika konsumsi. Karena sebagian besar masyarakat Sulawesi Selatan bermazhab syafi’i yang merupakan juga mazhab Imam Al-Ghazali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika konsumsi, Imam Al-Ghazali
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:31
Last Modified: 27 Feb 2023 01:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item