Hardiani, Hardiani (2022) Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi pada Soal Soal IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pancarijang Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (full text)
18.84206.002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Di abad 21, seluruh peserta didik mengalami resiko serta ketidakpastian dalam pertumbuhan area yang pesat, semacam teknologi, sains, ekonomi, serta sosial budaya. Kemajuan teknologi harus diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan sarana atau media untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, salah satu indikator keberhasilan adalah peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik, karena tujuan utama pembelajaran di abad dua puluh satu adalah kemampuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Bagi guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan di abad kedua puluh satu Penghafalan diprioritaskan daripada aplikasi dan pemecahan masalah dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian semester IPA di SMP Negeri 1 Pancarijang Sidrap tahun ajaran 2018-2020, Untuk mengetahui stimulus pada soal ujian semester IPA, mengetahui karakteristik soal soal ujian semester IPA di SMP Negeri 1 Pancarijang Sidrap tahun ajaran 2018-2020 Tipe HOTS ditinjau dari dari karakteristik C4 (Kritis), C5 (Kreatif), dan C6 (Pemecahan Masalah). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis isi atau dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data. Dalam hal ini, peneliti melakukan analisis data menggunakan Rasch Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Jenis stimulus yang ada pada soal soal IPA yaitu gambar/diagram/grafik, tabel, contoh, kasus.adapun rincian jumlanya adalah sebagai berikut berikut 2018 terdapat 27 atau 76,9 % stimulus, 2019 terdapat 18 atau 72 % stimulus, dan 2020 terdapat 19 atau 76 % stimulus.(2 Karakteristik soal soal IPA dalam 3 tahun 2018 ada 25 soal atau 71,5% soal LOTS, tahun 2019 ada 22 atau 88% soal LOTS, dan tahun 2020 ada 24 atau 96 % soal LOTS dan menunjukkan rata rata soal IPA berada ditingkat kemampuan berfikir tingkat rendah adapun soal yang berada ditingkat kemampuan berfikir tingkat tinggi (kreatif, kritis, pemecahan masalah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, Soal Soal IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | azaliya shely naim |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 07:50 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 07:50 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4697 |
Actions (login required)
View Item |