Maryam, Anna (2022) Pendekatan Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ngeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
18.1100.010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Pendekatan integrasi agama dan sains dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bermaksud bahwa bagaimana mengintegrasikan yaitu memadukan, membenamkan, memasukkan dan lain sebagainya antara ilmu dan agama, sehingga ilmu tidak lepas dari agama dan agama juga tidak lepas dari ilmu. Dengan demikian maka, ilmu pengetahuan umum harus ditanamkan agama didalamnya, baik itu berupa etika, moral dan nilai-nilai universal atau berupa teks secara formal lahiriyahnya. Ilmu dan agama itu saling menyapa dan bekerja sama antara satu ilmu dengan ilmu yang lain sehingga didalam ilmu-ilmu tersebut sudah secara otomatis terjalin integrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pendekatan integrasi agama dan sains dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Parepare dengan waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih 1 bulan mulai Januari-Februari. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu kreadibilitas, trasferability, dependability dan konfirmability sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Parepare berdasarkan pada Kurikulum, Silabus dan RPP, 2) Konsep Pendekatan Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran PAI yaitu ilmu agama dibuktikan dengan fakta sains serta dalam pelaksanaannya terlihat beberapa model integrasi seperti Informatif, Konfirmatif, Komplementasi, Induktifikasi dan Verifikasi. 3) Pelaksanaan pendekatan integrasi agama dan sains dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Parepare berdasarkan pada kurikulum yang berlaku serta menggunakan metode dan model pembelajaran dari masing-masing guru dalam melakukan pengintegrasian agama dan sains didalam kelas sehingga menghasilkan pemahaman yang kompleks terhadap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Integrasi, Agama, Sains. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 08:04 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 08:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4692 |
Actions (login required)
View Item |