Wahyuni, Wahyuni (2022) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Eliciting Activities dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1600.043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran eliciting activities pada pembelajaran sistem persamaan dua variabel; 2). Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran eliciting activities efektif atau tidak pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriftif. Adapun data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama pendidik atau guru pembelajaran matematika di SMP Negeri 8 Parepare, dan tes tertulis yang dilakukan peserta didik kelas VIII yang menjadi sumber utama dalam penelitian ini. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian efektivitas penerapan model pembelajaran eliciting activities dalam pembelajaran system persamaan linear dua variable pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare disimpulkan bahwa, rata-rata hasil belajar matematika peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran eliciting activities lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta dididk sebelum diterapkannya model eliciting activities. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam penerapan model pembelajaran eliciting activities lebih baik dari pada model pembelajaran ceramah karena mengalami peningkatan dari rendah menjasi cukup. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran eliciting activities efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, MEAs,SPLDV
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:47
Last Modified: 26 Jan 2023 07:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item