Sofyan, Edy (2022) Pengembangan Video Tutorial Materi SPLDV Melalui YouTube Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematika di Kelas VIII.5 SMPN 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1600.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajran di kelas khususnya pelajaran matematika masih menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan suatu produk yang dapat menjadi alternatif buku cetak yaitu aplikasi SPLDV berbasis android dan video tutorial di dalam aplikasi, yang kemudian aplikasi tersebut dijadikan sebagai wadah dari materi pembelajaran yang bersifat fleksibel dapat belajar dimana pun karena sudah terdapat di dalam smartphone. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall dari yang umumnya 10 langkah menjadi 7 langkah dimulai dari penelitian dan pengumpulan informasi sampai pada tahap revisi produk operasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi dari validator ahli materi, bahasa dan media, kemudian menggunakan angket respon peserta didik dan pendidik, serta tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk aplikasi bernama SPLDV. Memuat materi tentang sistem persamaan linier dalam dua variabel dan video tutorial bagaimana cara menyelesaikannya. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) kevalidan, untuk validasi materi dalam kategori sangat efektif pada 4.7. Rata-rata validasi linguistik atau bahasa 4,7 pada kategori sangat valid, diikuti rata-rata validasi media 4,8 pada kategori sangat valid. (2) Praktis, hasil survei siswa 4,3 dalam kategori sangat praktis, dan hasil survei guru 4,5 dalam kategori sangat praktis. (3) Valid, hasil analisis menggunakan aplikasi SPSS adalah: (a) Hasil uji-T sampel berpasangan dengan nilai sig = 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dari sini dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar khususnya keterampilan komunikasi matematis, sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi SPLDV. (b) Hasil tes N-Gain menghasilkan skor 0,70. Artinya masuk dalam kategori tinggi dan sudah teruji efektifitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi SPLDV, Android, Media Pembelajaran, Andromo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:46
Last Modified: 26 Jan 2023 07:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item