Herfiana, Herfiana (2022) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VIII A MTs DDI Lil-Banat kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (fullt ext)
18.1100.060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Metode demonstrasi merupakan tekhnik pembelajaran yang dipergunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas jalannya suatu proses pembentukan tertentu yang dilakukan oleh peserta didik dan pendidik. Metode demonstrasi merupakan suatu metode mengajar yang dilakukan oleh pendidik Untuk mendemonstrasikan suatu prosedur atau metode kepada kelas, baik pendidik secara khusus memintanya serta peserta didik memilih untuk melakukannya sendiri. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam Mata Pelajaran Fiqih kelas di VIII A MTs DDI Lil-Banat kota Parepare, penerapan metode demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih dalam meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Kelas VIII A MTs DDI Lil-Banat Kota Parepare, Serta peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VIII A MTs DDI Lil-Banat Kota Parepare. Variabel hasil belajar adalah variabel yang akan diubah dalam penelitian ini, sedangkan metode demonstrasi merupakan variabel tindakan. Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus memiliki empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Observasi, tes, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data. Selain itu, metode analisis kualitatif menggunakan model interaktif Milles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data. Metode ini melibatkan tiga langkah: pendidikan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, metode statistik untuk analisis kuantitatif. Berdasarkan temuan penelitian, rata-rata hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik sebelum gugatan class action diajukan adalah 60, dengan persentase 61%, dan masih dalam kelompok kurang baik. Teknik demonstratif sangat efisien dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Fiqih. Setelah pelaksanaan siklus I, hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 77%, dan setelah pelaksanaan siklus II, hasil belajar peserta didik meningkat signifikan menjadi 90%. Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs DDI Lilbanat Kota Parepare pada mata kuliah fiqih dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik demonstrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih, Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4652 |
Actions (login required)
View Item |