Sardi, Aswir (2022) Korelasi Penggunaan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IX di Mts Al-Mazaakhirah Baramuli Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1100.083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Value Clarificatioan Technique dengan hasil belajar pada mata pelajaran akidah Akhlak peserta didik kelas IX di MTs Al-Mazaakhirah Baramuli Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 20 orang dari 20 populasi dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji prasyaratan analisis, dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan Model Pembelajaran Value Clarification Technique diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.000 <α = 0.05 maka H0 ditolak artinya penggunaan model pembelajaran VCT paling rendah yaitu 65.46%. (2) Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak peserta didik diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 maka H0 ditolak artinya hasil belajar Akidah Akhlak paling rendah yaitu 91.30%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Value Clarificatioan Technique dengan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas IX di MTs Al-Mazaakhirah Baramuli Pinrang, yang dibuktikan dengan nilai sig = 0.000<α = 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Value Clarificatioan Technique, Hasil Belajar Peserta didik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:54
Last Modified: 24 Jan 2023 07:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item