Rugaiya, Rugaiya (2021) Penggunaan Teknik Visible Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas II SMK Negeri Paku. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.0213.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Teknik Berpikir Terlihat yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas dua SMK Negeri Paku. Ini mencoba menjawab pertanyaan bagaimana Teknik Berpikir Terlihat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas dua SMK Negeri Paku Polewali Mandar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari lima tahap: pengamatan, perencanaan, tindakan, refleksi dan revisi rencana. Penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas dua SMKN Paku tahun ajaran 2020/2021 dan guru bahasa Inggris sebagai kolaborator peneliti. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan mengamati proses belajar mengajar dan wawancara dengan siswa kelas dua dan guru bahasa Inggris. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes awal, tes kemajuan, dan tes akhir. Dalam menganalisis data, langkah-langkah berikut adalah mengolah data, mengkodekan data, membandingkan data, membangun makna dan interpretasi, serta melaporkan hasilnya. Validitas data diperoleh dengan menerapkan validitas demokratis, dialogis, katalitik, dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Teknik Berpikir Terlihat mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan data kualitatif, penerapan Teknik Berpikir Terlihat memberikan siswa lebih banyak kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Siswa menjadi lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris. Mereka secara aktif berpartisipasi selama proses belajar mengajar. Penggunaan bahasa Inggris di kelas membantu siswa untuk mengenal bahasa Inggris. Latihan kosakata dan latihan pengucapan juga membantu mereka untuk memperkaya pengetahuan kosakata dan membangun akurasi mereka. Penemuan ini juga didukung oleh hasil nilai berbicara siswa. Nilai rata-rata meningkat dari 48,05 pada Siklus I menjadi 84,71 pada Siklus II. Ini menunjukkan bahwa mereka membuat peningkatan yang cukup besar dalam beberapa aspek seperti keterampilan berbicara seperti pengucapan, intonasi dan tekanan, pemahaman, tata bahasa, dan kosa kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknik Berpikir Visible, Kemampuan Berbicara.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:32
Last Modified: 16 Jan 2023 06:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item