Usman, Sulfina (2022) Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pengembangan Kepribadian Peserta didik di MTs DDI Padanglolo Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
17.1100.136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam pengembangan kepribadian Peserta didik bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pembelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian pembelajaran aqidah akhlak dalam mengembangkan kepribadian Peserta didik dan untuk mengetahui apakah ada faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kepribadian peserta didik melalui penerapan pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah eksplorasi mendalam dari sistem terikat berdasarkan pengumpulan data dalam hal waktu, tempat, atau batas-batas fisik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian Peserta didik di MTs DDI Padanglolo dilihat dari keseharian Peserta didik dengan upaya guru Aqidah Akhlak yaitu memberikan motivasi, nasehat dan dorongan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam pengembangan kepribadian peserta didik di MTs DDI Padanglolo, meliputi: (a) faktor pendukung seperti kegiatan keagamaan yang diadakan sekolah, contohnya setiap Peserta didik yang bertemu guru selalu mencium tangan sebagai bentuk hormat kepada Peserta didik, melaksanakan shalat Sunnah dhuha, mengadakan acara peringatan Maulid dan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw., sedangkan (b) Faktor penghambat seperti pengelolaan kegiatan keagamaan yang tidak terkontrol dengan baik, Peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan, tidak ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah, para guru, dan para Peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pengembangan Kepribadian Peserta didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:13 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:13 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4469 |
Actions (login required)
View Item |