Asraf, Muhammad (2022) Korelasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Dengan Hasil Belajar Fikih Kelas IX MTs DDI Banua Sendana Kabupaten Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1100.047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Student Teams Achievement Divisions adalah pendekatan yang bertujuan menekankan pada aktifitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pembelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 30 orang dari 30 populasi dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.002 <α = 0.05 maka H0 ditolak artinya penggunaan model pembelajaran STAD sangat baik yaitu 89.2%. (2) Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Peserta Didik diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.002 < α = 0.05 maka H0 ditolak artinya hasil belajar Fikih paling rendah yaitu 80.6%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih Peserta Didik kelas IX di MTs DDI Banua Sendana, yang dibuktikan dengan nilai sig = 0.002<α = 0.05. Selain itu nilai R Square atau r2 = 0.290. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions memberikan kontribusi dengan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih Peserta Didik sebesar 29% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Stad
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:10
Last Modified: 19 Jan 2023 06:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item View Item