Ani, Ani (2022) Problematika Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di UPT SDN 259 Pinrang Kecamatan Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1100.041 ANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Problematika pembelajaran PAI di Masa Pandemi COVID-19 di UPT SDN 259 Pinrang Kecamatan Patampanua bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran PAI dimasa pandemic COVID-19 dan mengetahui bagaima pendidik untuk pemecahan problematic yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif kualitatif teknik pengumpulan data menggunakan trisngulasi gabungan, dengan data dikumpulkan berupa gambaran yang diuraikan dengan kata-kata yaitu hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Problematika pembelajaran PAI di masa pandemic Covid-19 ada banyak problem yang dialami guru dan peserta didik dalam pembelajaran PAI,dimana guru tidak mengusai materi yang diajarkan, kemudian menggunakan metoda dalam mengajar hanya menggunakan satu metode ceramah dan juga tidak mengusai teknologi komunikasi sehingga pada saat pembelajaran online hanya menggunakan aplikasi watsap dalam melakukan proses pembelajaran. Adapun problematika peserta didik yaitu tidak mengusai materi yang diajarkan oleh guru,kurangnya motivasi belajar, belum bisa membaca Al-Qur’an, kurangnya keaktifan dalam proses pembelajaran, tidak adanya mushollah dalam praktek pembelajaran berupa yasinan dan praktek sholat. 2. Upaya pemecahan Problematika Pembelajaran PAI DI Masa pandemi COVID-19,Adapun upaya guru untuk pemecahan problematika pembelajaran PAI di masa pandemic Covid-19 di UPT SDN 259 Pinrang dengan pembeljaran secara online atau belajar dirumah yaitu bagi peserta didik yang tidak mengusai materi diigatkan agar mengulang materi dirumah, serta bagai siswa yang kurung motivasinya diberikan dengan cara memberikan apresiasi kepada peserta didik yang mempunyai nilai yang bagus dan yang tidak bisa membaca maka mereka di latih secara terus menerus dangaan metode iqra’ sampai bisa untuk belajar. Dan selanjutnya kepada guru yang tidak mengusai materi maka mereka akan di berikan pelatihan-pelatihan dan pembinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran PAI, di Masa Pandemi COVID-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 18 Jan 2023 05:47
Last Modified: 18 Jan 2023 05:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item