Nuralam, St. (2022) Resolusi Guru PAI Terhadap Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1100.038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Resolusi guru merupakan perencanaan atau gerakan perubahan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah apa yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0 serta apa yang menyebabkan adanya kendala atau tantangan dalam pembelajaran PAI di era revolusi 4.0, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana resolusi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau studi kasus dengan menggunakan teknik dan pengolahan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik uji keabsahan data kredibilitas (credibility), transferabilitas (tranferability), dependabilitas (dependability), dan konfirmabilitas (confirmability), dengan Teknik analisis data pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan zaman dapat memberikan dampak yang cukup signifikan dalam dunia pendidikan salah satu pembelajaran pendidikan agama Islam. Sehingga resolusi guru sangat di perlukan dan sangat berperan penting dalam mengatasi masalah guru dalam pembelajaran PAI Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Resolusi guru PAI terhadap tantangan pembelajaran pendidikan agama Islam di era revolusi industri 4.0 pada SMP Negeri 1 Patampanua kabupaten pinrang sudah berjalan dengan baik dan diterima dengan baik oleh peserta didik dengan memberi respon yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resolusi guru, Pembelajaran, PAI, Peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:08
Last Modified: 18 Jan 2023 04:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4461

Actions (login required)

View Item View Item