Mubakkirah, Padlia (2021) Evaluasi Program Pembelajaran model blended learning Pada Program Studi Pendidikan agama Islam di IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi pembelajaran model blended learning pada prodi Pendidikan agama Islam di IAIN Parepare. Jenis peneltian ini ialah penelitian evaluasi program dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) dengan menekankan penelitian pada input (sarana prasarana, SDM) dan process (perencanaan, pelaksanaan serta penilaian dosen). Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil observasi serta wawancara dengan dosen dan mahasiswa prodi PAI. Data sekunder berupa dokumen RPS dosen, data mahasiswa PAI atau referensi lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dokumentasi serta pembagian angket sebagai data tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran model blended learning pada Prodi Pendidikan Agama Islam di IAIN Parepare sudah efektif dan efisien namun masih banyak kekurangan. Hal ini karena banyak kendala yang dialami mahasiswa serta dosen selama perkuliahan model blended learning diterapkan, baik itu offline maupun online seperti platform atau aplikasi yang berat dan ribet, memerlukan jaringan yang kuat, memakan banyak kuota, serta sulitnya mahasiswa memahami materi dan jadwal matakuliah yang kurang jelas dari dosen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran model blended learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:01
Last Modified: 18 Jan 2023 04:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4426

Actions (login required)

View Item View Item