Bachtiar, Fitra (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Partisipatif Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Sosial Peserta didik Kelas XI SMAN 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Model Pembelajaran partisipatif merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengikutsertakan siswa atau peserta didik dalam proses pembelajaran dalam hal perencanaan dan pelaksanaan serta penilaian pelatihan.Kecerdasan social adalah berbicara mengenai karakter, karakter ini juga sangat menunjang peningkatan pembelajaran akademik peserta didik. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara model pembelajaran partisipatif pendidikan agama islam terhadap kecerdasan sosial peserta didik kelas XI SMAN 2 Pinrang Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif expost facto dengan jumlah populasi 288 peserta didik dengan sampel sebanyak 74 peserta didik dan dipilih dengan sistem random sampling. Dan adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan teknik analisi data menggunakan anlisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan (1) Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data memperoleh hasil bahwasanya kedua variabel yaitu variabel X dan Y berdistribusi normal, dan terdapat hubungan yang linear, (2) Tingkat model pembelajaran pertisipatif peserta didik kelas XI yaitu 72% dan termasuk dalam kategori sedang, (3) Tingkat kecerdasan sosial peserta didik kelas XI SMAN 2 pinrang yaitu 80% termasuk dalam kategori tinngi. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran partisipatif pendidikan agama islam terhadap kecerdasan sosial peserta didik dengan nilai signifikansi yaitu dilahat dari nilai R sebesar 0,514 atau koefisien korelasi nilai R tersebut dapat dikuadratkan yaitu 0.514 x 0,514 = 0,264, R Squer sebesar 0,264.R Squer disebut juga koefisien determinasi. Yang berarti 26,4% variabel kecerdasan sosial dipengaruhi model Pembelajaran partisipatif sisanya 73,6% oleh variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Partisipatif, Kecerdasan Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Khaerul |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:59 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:59 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4422 |
Actions (login required)
View Item |