Esa, Nur (2021) Metode Khusus Pendidikan Agama Islam Di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa (Perspektif Standar Proses Pendidikan). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.014 NUR ESA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penerapan metode khusus Pendidikan Agama Islam perspektif standar proses pembelajaran merupakan metode pembelajaran yang dirancang oleh guru menjadi alat untuk mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam satu kali tatap muka, berupaserangkaian prosedur atau langkah yang telah ditetapkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dituangkan dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup tahapawal, tahap tengah, dan tahap akhirdengan kriteria standar proses pembelajaran yang mencakup pembelajaran partisipatif aktif, inovatif, kreatif, efisien, efektif, dan menyenangkan yang dilaksanakan di sekolah tentang kesesuaiannya atau keterpenuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Bagaimana penerapan metode khusus Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa, (2) Bagaimana penerapan metode khusus Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa perspektif standar proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif komparatif dengan pendekatan mengenai metode khusus Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa perspektif standar proses pembelajaran. Adapun data dari penelitian diperoleh melalui wawancara bersama Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta Didik di kelas VII UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa. Observasi berupa pengamatan yang dilakukan secara langsung di dalam kelas saat jadwal pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik analisis data dengan cara pengolahan data dan analisis data, yaitu analisis data lapangan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) Penerapan metode khusus pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa dimana metode khusus pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembelajaran guru yaitu terdapat pada praktek impelmentasi dalam menerapkan metode dan memvariasikan beberapa metode dalam satu kali tatap muka berupa serangkaian prosedur atau langkah yang telah ditetapkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup tiga yaitu tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir. Pelaksanaannya terlihat dalam langkah-langkah pendekatan saintifik kontekstual dalam pembelajaran yaitu: mengamati, menanya, mengolah informasi, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan. (2) penerapan metode khusus pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 7 Satap Maiwa perspektif standar proses pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran yang partisipatif aktif, inovatif, kreatif, efektif dan efisien, serta menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Khusus, Pendidikan Agama Islam, Standar Proses. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Khaerul |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:57 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4417 |
Actions (login required)
View Item |