Suci.B, Fatwah Dwi (2021) Pengaruh Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Terhadap Perkembangan Kemampuan Afektif Keagamaan Peserta Didik UPTD SD Negeri 67 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan islam merupakan sesuatu yang dijadikan sebuah pedoman hidup sesuai dengan nilai yang ia pegang. Nilai-nilai pendidikan islam dapat berupa sebuah perilaku terpuji yang peserta didik telah pelajari di materi pendidikan agama islam, nilai-nilai yang dimaksud dalam hal ini yaitu nilai sikap keagamaan, jujur, etika dan moral serta tolong menolong. Jika peserta didik dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari maka diharapkan dapat meningkatkan perkembangan kemampuan afektif keagamaan berupa sikap, minat, konsep diri serta nilai. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu 226 peserta didik di UPTD SD Negeri 67 Parepare dengan sampel 69 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik solvin. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis desktiptif, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi, uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f Berdasarkan hasil penelitian, diperolah kesimpulan bahwa (1) tingkat pemahaman nilai-nilai pendidikan islam peserta didik UPTD SD Negeri 67 Parepare berada dalam kategori sangat kuat yaitu dengan nilai 0,90 atau 90%, (2) tingkat perkembangan kemampuan afektif keagamaan peserta didik UPTD SD Negeri 67 Parepare berada dalam kategori sangat kuat yaitu dengan nilai 0,80 atau 80%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai pendidikan islam terhadap perkembangan kemampuan afektif keagamaan peserta didik UPTD SD Neheri 67 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Afektif Keagamaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:57
Last Modified: 18 Jan 2023 03:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item View Item