Mulyawati, Karina (2022) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik pada Pembelajaran PAI Kelas XI MIPA di SMA 8 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran mind mapping merupakan teknik penyusunan catatan kreatif dengan menggunakan gambar, simbol, bentuk, warnah yang beragam yang dapat membantu peserta didik dalam mengingat, merencanakan sesuatu, membantu lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, dan memusatkan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran mind mapping dalam mencapai higher order thinking skills peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI. MIPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. MIPA6 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan t_hitung pretest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing -10.842 dan -10.648, df = 29, sig 5% = 1.699. Pada kelas eksperimen dapat dilihat t_hitung ≤〖 t〗_tabel, -10.842 ≤ 1.699 dan kelas kontrol t_hitung ≤〖 t〗_tabel, -10.648 ≤ 1.699. Maka dapat disimpulkan bahwa H₀ diterima dan Hₐ ditolak. Artinya, HOTS peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran PAI kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Pinrang paling tinggi 75%. (2) Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan t_hitung pada posttest kelas eksperimen adalah 5.790, f = 29, sig 5% = 1.699. Nilai t_hitung >〖 t〗_tabel yaitu 5.790 > 1.699 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, HOTS peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran PAI kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Pinrang paling rendah atau sama dengan 80%. (3) Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil Uji-t pretest dan posttest kelas eksperimen memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping efektif dalam meningkatkan HOTS peserta didik pada pembelajaran PAI kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran mind mapping, Higher order thinking skills, Pembelajaran PAI, Quasi esperimen
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:27
Last Modified: 17 Jan 2023 07:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item