Wellang, Mustika (2022) Penerapan Picture Game dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Peserta didik Kelas VIII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penerapan picture game termasuk salah satu media yang mempermudah pendidik dalam menyampaikan pembelajaran dan mempermudah peserta didik dalam meningkatkan penguasaan mufradat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental Designs dalam bentuk One-Grup Pretest-Posttest Designs. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu pre-tes, treatment, post-test, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam mengelola pembelajaran selama 3 kali pertemuan, diperoleh bahwa Kemampuan mufradat peserta didik kelas VIII.1 MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang mengalami peningkatan, dimana hasil pre-test menunjukkan bahwa dari 28 jumlah peserta didik hanya ada 4 peserta didik yang mendapatkan nilai tinggi, sedangkan 24 orang lainnya mendapatkan nilai yang rendah. Adapun hasil post-testpeserta didik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan mufradat yang signifikan yaitu 7 peserta yang mendapatkan nilai kreteria baik sekali, 18 peserta mengalami nilai kreteria baik dan 3 peserta mengalami nilai kreteria cukup. Melalui analisis SPSS 26, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan penguasaan mufradat peserta didik sebelum penerapan picture game berada pada kategori rendah: (2) Kemampuan penguasaan Mufradat peserta didik setelah penerapan picture game berada pada kategori tinggi; (3) Melalui uji hipotesis dengan paired sampel t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis dapat diterima dan hal ini berarti bahwa penerapan picture game efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Picture Game, Meningkatkan Penguasaan Mufradat.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:40
Last Modified: 26 Dec 2022 01:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item