Daharman, Nurlina Bin (2022) Eksistensi Pembelajaran Qira’ah al-kutub di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1200.004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Pembelajaran Qira’ah al-kutub.Pembelajaran qira’ah al-kutub merupakan sebuah pembelajaran yang berfungsi sebagai salah satu pusat ilmu pendidikan keagamaan yang menjadi ciri khas pembelajaran di Pondok Pesantren yang mempunyai konstribusi yang sangat penting dalam pembentukan karakter, emosional, moral, akhlak, etika dan skill santri. Penelitian ini dilaksankan di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare adapun rumusan masalah dalam skripsi ini (1) Bagaimana eksistensi pembelajaran Qira’ah al-Kutub di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare?(2) Apa Kelebihan dan Kendala dalam Pembelajaran Qira’ah al-Kutub di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare?(3) Apa Solusi dari Kendala dalam Pembelajaran Qira’ah al-Kutubdi Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare? Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, menggunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun tehnik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi dilokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi pembelajaran Qira’ah al-kutub di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare yaitu: (1) Pembelajaran Qira’ah al-kutub di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare sampai saat ini masih tetap eksis dan mempertahankan pembelajarannya yang terkenal dengan pengajian kitab dengan metode halaqah dalam bahasa Arab, mengaji tudang dalam bahasa Bugis dan metode mubasyarah yang menggunakan kitab klasik namun mampu menetralkan dan melakukan inovasi terhadap proses pembelajarannya sehingga mampu sejalan dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini. (2) Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga yang terkenal dengan ciri khasnya mempelajari Qira’ah al-kutub tidak dipungkiri bahwa setiap pondok pesantren diseluruh Indonesia bahkan dunia salah satu pembelajaran wajib yaitu Pembelajaran Qira’ah al-kutub. Pembelajaran ini diterapkan di Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare dengan berbagai metode namun yang paling terkenal adalah dengan metode mengaji tudang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Qira’ah al-kutub, metode halaqah (mengaji tudang) dan mubasyarah, Pondok Pesantren. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nur Yusaerah |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 01:35 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 01:35 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4317 |
Actions (login required)
View Item |