Suardi, Nasra (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTS DDI Bilajeng Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran Student Teams Achievemen Divisions merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang peserta didik secara heterogen. Gagasan utama model pembelajaran Student Teams Achievemen Divisions adalah untuk memotivasi peserta didik supaya saling mendukung dan membantu satu sama lain menguasai kemampuan yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen (semu eksperimen) dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Serta pengumpulan data instrumen yang dilakukan dengan menggunakan tes (pilihan ganda), treatmen, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial (uji persyaratan analisis dan uji hipotesis). Dengan Analisis yang menunjukkan bahwa: 1) pada tabel Paired Sample T-tes untuk kelas eksperimen diperoleh Sig.(2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 2) pada tabel Paired Sample T-tes untuk kelas kontrol diperoleh Sig. (2-tailed) = 0.00 < α = 0.05. 3) pada tabel Independen Sample T-tes untuk kelas eksperimen dan kontrol diperoleh pada tabel Equal Variance dimana pada kolom t-tes for Equality of Means harga t = 26.882 dengan df 15 serta angka Sig. (2-tailed) = 0.009 < α maka 0.009 < 0.05 sehingga H0 ditolak Ha diterima dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hasil belajar bahasa Arab pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe student teams achievement divisions lebih meningkat dari pada hasil belajar bahasa Arab yang menggunakan model pembelajaran explicit intruction. Jadi model pembelajaran koopeartif tipe student teams achievement divisions efektif dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievemen Divisions, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:34
Last Modified: 26 Dec 2022 01:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item