Imran, Imran (2022) Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Terhadap Penggunaan Buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Sistem 24 Kali Pertemuan Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1200.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Sistem 24 Kali Pertemuan adalah sebuah buku ajar bahasa Arab yang kini sangat banyak dipakai oleh mahasiswa IAIN Parepare terkhusus mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Dengan kehadiran buku tersebut memberikan dampak positif bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terkhusus mereka yang baru mengenal yang namanya bahasa Arab. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yang pertama, Bagaiamanakah Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap Penggunaan Buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Sistem 24 Kali Pertemuan Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare, yang kedua, Bagaimanakah Eksistensi Buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi atau tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Sistem 24 Kali Pertemuan serta mengetahui bagaimanakah eksistensi buku tersebut bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Jenis pendekatan ini menggunakan pendekatan Mix Method. Kualitatif Deskriptif dan Kuantitatif Deskripstif yang dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Data sumber dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2018 IAIN Parepare, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, verifikasi data dan penyajian data. Hasil penelitian dapat disimpulkan terkait Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terkait penggunaan buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Sistem 24 Kali Pertemuan. Dengan hasil skor angket menunjukkan Total skor yang diperoleh dari penyebaran angket penelitian ini adalah 83% yang artinya bahwa penggunaan buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab Sistem 24 Kali Pertemuan Sangat Bagus bagi Mahasiwa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. Terkait dengan Eksistensi Buku tersebut sangat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya mereka mahasiswa yang mengenal bahasa Arab dengan materi-materi yang dimiliki cukup terbilang mudah dan berawal dari dasar-dasar penguasaan dan ditambah pula dengan pemberian media pembelajaran pada setiap materi akan membantu mahasiswa dalam mempelajari buku tersebut. Buku tersebut juga dapat menambah perbendaharaan kosakata bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Penggunaan Buku, Materi Dalam Buku Tersebut.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:33
Last Modified: 26 Dec 2022 01:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item View Item