Hasnawati, Hasnawati (2022) Problematika Manajemen Masjid Nurul Jannah Desa Kampung Baru dalam Meningkatkan Kuantitas Jamaahnya. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3300.015 HASNAWATI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai problematika yang terjadi di masjid Nurul Jannah Desa Kampung Baru dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh pengurus dalam memenej masjid Nurul Jannah dalam meningkatkan kuantitas jamaahnya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data yaitu pengurus masjid dan jamaah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan yakni teori analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) problematika yang terjadi pada masjid Nurul Jannah adalah kurangnya jamaah yang melaksanakan salat fardu di masjid, kurangnya kesadaran dimiliki oleh masyarakat, tidak aktifnya remaja masjid, kurangnya peringatan hari besar islam serta imam yang lalai akan tugasnya. (2) Upaya yang dilakukan pengurus masjid dalam meningkatkan kuantitas jamaah yaitu dengan tetap melaksanakan kegiatan salat fardu dengan rutin di masjid, memaksimalkan atau ,menambah kegiatan pada masjid Nurul Jannah, serta menambah fasilitas dari masjid tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, Kuantitas Jamaah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:38
Last Modified: 21 Oct 2022 06:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4179

Actions (login required)

View Item View Item