Saputra, Muh. Aldi (2022) Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Masa Normal Baru Pandemi Covid-19 di SDN 168 Suppa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1900.002.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program pembelajaran pada masa normal baru pandemi Covid-19 di SDN 168 Suppa. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian dan metode digunakan adalah deskriktif kualitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data wawancara, observasi dan dokmentasi, subjek penelitian adalah informan, yang artinya berada pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif dengan teknik redukasi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran pada masa normal baru pandemi Covid-19 di SDN 168 sudah cukup baik dalam melaksanakan tugasnya. Karena semua guru membuat rancangan program pembelajaran selembar sebelum mengajar, sesuai dengan arahan pemerintah Pinrang untuk membuat rancangan program pembelajaran selembar dan hanya 3 orang guru yang tidak membuat rancangan program pembelajaran. Selanjutnya kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa normal baru pandemi Covid-19 di SDN 168 Suppa belum cukup baik dalam melaksanakan tugasnya. Karena terdapat 6 orang guru yang hanya memberikan tugas individu kepada siswa diakhir pembelajaran sehingga membuat siswa kurang aktif didalam kelas. Kemudian kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran pada masa normal baru pandemi Covid-19 di SDN 168 Suppa belum cukup baik, dikarenakan guru belum mampu menghadapi berbagai macam situasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, Covid-19.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:08
Last Modified: 20 Oct 2022 08:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item