Wulandari, Arwinda (2022) Analisis kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII UPTD SMPN Negeri 23 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1600.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kemandirian belajar pada pembelajaran matematika yang dilaksanakan dari ofline (tatap muka) ke online (daring) kemudian dari online (daring) ke ofline (tatap muka) membuat peserta didik semakin malas dan tidak memperhatikan pembelajaran di sekolah. Setiap siswa tentunya memiliki kemandirian belajar yang berbeda-beda karena ada siswa yang rajin memiliki inisiatif tinggi untuk belajar, namun ada juga siswa yang malas dan tidak memiliki inisiatif untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 23 Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix method (metode campuran) antara kuantitatif dengan kualitatif. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII 1 UPTD SMP Negeri 23 Barru. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan angket untuk mengetahui kemandirian belajar pada pembelajaran matematika. Kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara yang bertujuan untuk memperkuat data dari hasil observasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 23 Barru berada pada kategori rendah. Adapun desain pembelajaran matematika yang dapat diterapkan oleh guru yang dapat meningkatkan kemandirian belajar yaitu model pembelajaran kooperatif (kelompok) bertipe skala bernomor terstruktur dan metode ceramah maupun diskusi. Setiap siswa memiliki kemandirian belajar yang berbeda-beda tergantung dari kemauan dan kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, pembelajaran matematika.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:03
Last Modified: 19 Oct 2022 05:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item View Item