Sulfa, Sulfa (2022) Analisis Penggunaan Video Youtube pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1600.029 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan video Youtube pembelajaran merupakan penggunaan yang mengandung audio visual (gambar serta suara). Penggunaan video Youtube pembelajaran bertujuan memudahkan peserta didik saat proses pembelajaran membuat minat dan energi. Maka dari itu penggunaan video Youtube sebagai media ajar berarti menciptakan kondisi dan suasana pada proses pembelajaran yang menarik, tidak monoton dan menumbuhkan semangat sehingga peserta didik tidak merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa pertanyaan lisan dari peserta didik diamati. Adapun teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengujikan penggunaan tersebut di kelas VIII 1 yang berjumlah 27 dan VIII 2 yang berjumlah 28. Dengan hasil penelitian yang didapat peneliti, peserta didik sangat meresfon positif video Youtube dalam pembelajaran matematika yang diberikan, awalnya bosan kurang semangat, menoton dan kurang memperhatikan materi menjadi lebih bersemangat, dan memiliki keinginan kuat mengikuti pembelajaran dan guru merespon positif dalam penerapan tersebut karena ini sangat menunjang pembelajaran, sangat membantu baik guru maupun untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan video Youtube dalam proses pembelajaran, Reson peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:29
Last Modified: 19 Oct 2022 04:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4148

Actions (login required)

View Item View Item