Baharan, Andi Khaerul (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Daring Terhadap Keaktifan Peserta Didik Di Era Pandemi Covid-19 Pada Bidang Studi Akidah Akhlak Di MA DDI Taqwa Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh strategi pembelajaran daring terhadap keaktifan peserta didik di era pandemi covid-19 pada bidang studi Akidah Akhlak. dengan memperhatikan keadaan saat ini, karena adanya Covid-19 maka pembelajaran sangat tidak efisien dan tidak efektif untuk peserta didik dalam pembelajaran secara bertatap muka dengan pendidik dan teman-teman oleh karena itu adanya Covid-19 ini peserta didik diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial. Hal ini menuntut semua pihak di sekolah khususnya pendidik untuk berkerja lebih aktif dalam mempersiapkan strategi yang tepat dalam menjalankan proses belajar mengajar agar sasaran dan tujuan pembelajar dapat tercapai dengan baik. Peserta didik pun dituntut untuk siap dan aktif dalam mengikuti pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari Pengaruh Strategi Pembelajaran Daring Terhadap Keaktifan Peserta Didik Di Era Pandemi Covid-19 Pada Bidang Studi Akidah Akhlak Di MA DDI Taqwa Parepare. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena penelitian ini berusaha mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami oleh subjek penelitian secara intensif dan terperinci, dengan data yang diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 pada Bidang Studi Akidah Akhlak di MA DDI Taqwa Parepare sudah berjalan dengan baik meskipun masih ada kekurangannya sehingga perlu untuk lebih ditingkatkan. Kemudian Keaktifan Peserta Didik di Era Pandemi Covid-19 pada Bidang Studi Akidah Akhlak di MA DDI Taqwa Parepare sudah cukup baik meskipun masih perlu ditingkatkan, hal ini tidak lepas dari pelaksanaan media pembelajaran visual yang diterapkan oleh guru. Sementara Pengaruh Strategi Pembelajaran Daring Terhadap Keaktifan Peserta Didik di Era Pandemi Covid-19 pada Bidang Studi Akidah Akhlak di MA DDI Taqwa Parepare sudah efektif. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan melihat hasil presentasi pengujian hipotesis yang dilakukan diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,855 > 0,05 berdasarkan kriteri penilaian maka H_0 ditolak. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran daring terhadap keaktifan peserta didik di era pandemi covid-19 pada bidang studi akidah akhlak di MA DDI Taqwa Parepare dapat di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Daring Dan Keaktifan Peserta Didik. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nurindah Sari |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 03:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 03:58 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4145 |
Actions (login required)
View Item |