Bahrul, Bahrul (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Prespektif Psikologi Belajar) di SMA Negeri 5 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Upaya yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam prespektif psikologi belajar menggunakan 4 metode yaitu: Metode berkelompok, diskusi, ceramah, dan demonstrasi, Adapun dalam penerapan yang terapkan oleh guru dapat dikatakan belum efektif karena tidak terjadinya peningkatan pada diri peserta didik. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata kata, gambar bukan angka angka. Kalaupun ada angka angka, sifatnya hanya sebagai penunjang. Data yang diperoleh meliputi transkip, wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi dan lain lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Upaya Guru Pai meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI dalam prespektif psikologi belajar di SMA Negeri 5 Pinrang secara psikologi belajar berdasarkan teori behavioristik, kognitivisme dan humanistik upaya guru Pai dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran Pai dalam perespektif psikologi belajar belum sesuai dengan prespektif psikologi belajar yang sesunggunya karena kualitas peserta didiknya belum mengalami perubahan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan oleh pendidik yang ada dalam lingkungan SMA Negeri 5 Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru PAI, Kualitas Pembelajaran, Psikologi Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:24
Last Modified: 17 Oct 2022 07:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item