Ulandari, Risqa (2022) Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI Di SMPN 2 Duampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Keteladanan guru merupakan sikap dan perilaku yang ditampilkan oleh guru yang patut ditiru dan dicontoh oleh siswa . Keteladanan yang dimaksud adalah keteladanan yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai alat dan metode yang dapat mempengaruhi dalam menyiapkan dan membentuk aspek moral, spritual, dan sikap sosial siswa dari pemberian contoh yang diberikan oleh guru. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan desakriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah sosiologis, psikologis dan fenomenologis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), paparan data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawing/verifying). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Duampanua bisa dikatakan sudah efektif dalam hal persiapan guru dalam mengajar dan ketersediaan buku paket PAI. Namun, ketika dilihat dari respon siswa dan nilai pencapai belajarnya bisa dikatakan belum efektif karena hanya sebagian siswa yang aktif dalam belajar serta masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata saat ulangan. Faktor pendukung implementasi keteladanan guru dalam pembelajaran PAI di SMPN 2 Duampanua yaitu adanya tata tertib sekolah, peraturan yang diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, sarana dan prasarana penunjang seperti musholah sebagai tempat shalat dan ibadah, buku bacaan keislaman, slogan tentang menuntut ilmu dan kedisiplinan serta mading sekolah. Sedangkan faktor penghambat implementasi keteladanan guru PAI seperti faktor pergaulan, faktor kebiasaan, jam pelajaran PAI yang terbatas, penggunaan gadget oleh siswa tanpa pengawasan oleh orangtua, disiplin ilmu agama dari guru PAI yang terbatas. Implementasi keteladanan guru dalam pembelajaran PAI di SMPN 2 Duampanua seperti mengucapkan salam sebelum masuk kelas, membaca doa sebelum memulai pelajaran, senantiasa datang tepat waktu ke sekolah, menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya serta guru PAI menggunakan strategi untuk menanamkan sikap religius kepada siswa, sehingga kebiasaan-kebiasaan guru PAI tersebut dicontoh oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Keteladanan Guru, Pembelajaran PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nurindah Sari |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 07:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 07:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4141 |
Actions (login required)
View Item |